Wednesday, May 15, 2013

my kind of jeans



“The story of jeans begins in the city of Genoa, in Italy, famous for its cotton corduroy, called either jean or jeane; the jeans fabric from Genoa (at that time) was in fact very similar to corduroy. During the Republic of Genoa, the jeans were exported by sailors of Genoa throughout Europe. In the French city of Nimes, weavers tried to reproduce the fabric exactly, but without success. However, with experimentation, and through trial and error, they developed another twill fabric that became known as denim, literally "de Nimes". Only at the end of the nineteenth century did jeans arrive in the United States.” (wikipedia-“jeans”)

Jeans or denim ? do you know the different ?

Banyak dari kita masih ada di “grey area” untuk menentukan mana yang disebut jeans dan denim, padahal siapa sih yang tidak pernah menggunakannya ?
Me, myself, on most of my life i wear them both. Dari beberapa sumber yang saya baca, Jeans adalah celana yang terbuat dari bahan denim. Yang seperti kebanyakan dari kita tahu populer disebut “blue jeans” dipopulerkan oleh Jacob Davis and Levi Strauss tahun 1873.



Sedangkan denim itu sendiri adalah fabric atau bahan yang dibuat dari material cotton dan ditenun engan menggunakan teknik twill. Pada denim, benang lusi (if i’m not mistaken, ini adalah benang yang terletak vertikal pada alat tenun) diberi pewarna indigo (indigo adalah zat pewarna alami yang dicelupkan ke benang atau bahan menggunakan teknik pewarnaan dingin-tidak menggunakan cairan panas, melainkan dingin) sedangkan benang pakan (yang terletak horizontal) adalah warna alami cotton.



nah, ini mungkin mengapa jika bagian lutut jeans kamu itu sudah agak termakan usia, yang tersisa itu adalah bagian pakan yang berwarna putih. Ini membuat efek tersendiri pada jeans. Kerennya sih, pokonya kalau jeans gak rombeng tuh bagian lutut kayaknya gak asyik gitu.
Jadi mungkin istilah “denim jacket” lebih tepat daripada “jaket jeans” seperti kebanyakan orang bilang. Dan jeans mengarah pada model celana yang menggunakan bahan denim. I wear jeans with t-shirts and shirts. Tapi tetep, paling oke tuh rasanya pake jeans sama t-shirt band.

Banyak style dan model yang bisa diciptakan dari jeans dan denim, but, i guess this is my choice...



No comments:

Post a Comment